Minggu, 28 Desember 2014

Kelas Indah dengan Media Pembelajaran


Mengisi classmeeting, di sekolah kami mengadakan lomba menghias kelas dan saya bertugas menjadi pendamping sekaligus membuat konsep untuk kelas 4. Beberapa kali saya browsing di internet tentang menghias kelas yang muncul hanya pernak-pernik menghias kelas biasa. Saya berpikir, bagaimana membuat hiasan tidak sekedar hiasan? Maksudnya membuat hiasan kelas yang bermanfaat untuk penghuni kelasnya. Ingat zaman kuliah belajar tentang media pembelajaran dan pengembangan profesi, akhirnya saya membuat konsep media pembelajaran menjadi hiasan kelas. Kok bisa??? Ya bisa... simak yuk...


Pertama, saya menentukan konsep zona kelas. Zona atau area yang akan saya gunakan untuk menghias kelas. Karena ruang yg terbatas, akhirnya saya memilih 3 zona. Yaitu zona matematika, zona bahasa, zona alam. Dan sangat memungkinkan bila Anda ingin menambah zona baru.

Kedua, jika hanya dengan zona-zona kelas. Rasanya kelas jadi laboratorium mendadak, maka perlu dipermanis dengan beberapa hiasan lainnya seperti tulisan, pohon prestasi dan lainnya. Makin penasaran? Kita lihat selanjutnya.
Ketiga, eksekusi zona matematika. Pilih salah satu zona yang akan dibuat terlebih dahulu. Karena saya suka metematika, maka yang saya eksekusi pertama adalah zona matematika. Saya bertanya dengan guru kelasnya, materi matematika yang sudah dan akan dipelajari. Akhirnya saya putuskan untuk membuat hiasan dengan bangun datar dan bangun ruang.

didalam bangun ruang saya selipkan kata-kata seperti:

namaku kubus.
volumeku = sisi x sisi x sisi

Semua bentuk saya buat tulisan seperti ini lalu ditempel di dinding. Jika anda para guru dengan banyak jam mengajar. Kreasi seperti ini bisa memanfaatkan anak-anak untuk membuat, dan yang terbaik bisa ditempel didinding

Begitu juga bangun ruang, saya membuat bangun ruang dari kumpulan kertas bekas yang disebaliknya masih kosong, lalu digunting dan dibentuk menjadi kubus, balok dan lainnya. Di luar bagian mereka, saya juga memberi tulisan seperti bangun ruang.

Keempat, eksekusi zona alam.

Zona Alam ini berisi tentang hal-hal yang ada dialam. Dulu kita sebut pelajaran IPA, karena sekarang tematik, jadi saya tulis zona alam. Zona ini berisi tentang siklus hidup. Untuk siklus hidup aya, adalah karya salah satu siswa bernama Annisa. Yang lainnya diisi dengan metamorfosis kupu-kupu dan bagian-bagian bunga.






Kelima, eksekusi zona Bahasa. Dizona ini bisa kita pasang berbagai macam bahasa, seperti bahasa jawa, bahasa arab, bahasa inggris dan lainnya.

Keenam, eksekusi pernak perniknya. Untuk pernak pernik, kita bisa membuat hewan, bunga atau apapun itu sesuai dengan tema. Karena saya mengambil tema alam. Saya buat bunga-bunga untuk menghias kelas. Jangan lupa untuk administrasi standar kelas seperti struktur kelas, jadwal piket, aturan kelas dan lainnya wajib ditempel dan dihias juga

Ketujuh, setelah semua selesai, bisa ditempel dan disesuaikan tempatnya.
Manfaat dari menghias kelas seperti ini, selain ruang kelas menjadi indah dan nyaman, murid-murid akan belajar hanya dengan melihat desain kelas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar